Cara Merawat Kucing Sakit Di Rumah | meotuna

Merawat kucing sakit

Health & caring for your sick cat
Kesehatan kucing peliharaan memang sangat penting, meski anda sudah selalu berusaha untuk menjaga kebersihan dan merawat kucing dengan baik. Namun saat kucing kesayangan anda dirawat dirumah karena suatu penyakit, sangat penting untuk mengikuti nasehat dan instruksi dari dokter hewan dengan tepat. Bawa kucing ke dokter hewan untuk diperiksa ulang jika perlu atau ketika kondisi tubuh kucing memburuk secara tak terduga.

Berikut ini terdapat beberapa cara untuk merawat kucing sakit di rumah yang bisa dilakukan sendiri sebelum membawanya ke dokter.
merawat kucing sakit - meo tuna

Menangani diagnosis

Penanganan kesehatan atau penyakit kucing menggunakan analisa dari perubahan kondisi fisik kucing.
Secara umum kucing yang sakit akan memiliki tingkat energi yang lebih rendah dan perubahan suhu tubuh kucing. Pada dasarnya ada dua penyebab pengikatan suhu tubuh kucing. Yang pertama yaitu pyrexia (pyrexia pada kucing disebabkan karena tubuh kucing secara alami sedang bekerja keras melawan penyakit, semakin keras kerja tubuh semakin panas badannya) dan hipertermia yang disebabkan karena paparan suhu panas yang terlalu berlebihan.

Untuk sembuh, kucing yang sakit perlu makan dan minum. Saat kucing sakit mereka akan sering berhenti makan dan minum, oleh karena itu penting untuk memantau asupan makanan dan air agar kita tahu kapan intervensi waktu asupan yang diperlukan.

Jika kucing yang tidak makan selama lebih dari 24 jam kemungkinan besar dapat terkena kerusakan hati, hal ini karena ketidakmampuan hati kucing untuk mengolah lemak menjadi energi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membuat kucing yang sedang sakit tetap menyantap makanannya dengan menyuapinya dalam porsi kecil dan sering dengan memberi makanan yang enak, mengandung protein hewani yang tinggi dan mudah dicerna. Menghangatkan makanan basah hingga mencapai atau di bawah suhu tubuh normal kucing (suhu tubuh normal kucing 100,5 - 102,5 derajat fahrenheit) dapat dapat membantu meningkatkan aroma makanan, dan memberi rasa yang lebih enak (tips: gunakan makanan dengan rasa yang kuat seperti ikan, atau makanan lezat seperti ayam atau udang juga dapat membantu) dan berikan suplemen untuk memperkuat sistem imun tubuhnya. Juga jangan lupa untuk memastikan kucing anda minum dengan cukup.

merawat kucing sakit

Membuat kucing nyaman selama masa pemulihannya:

  • Berikan perawatan kucing dengan tetap tenang.
  • Pastikan untuk menjaga suhu kucing tetap nyaman
  • Sediakan beberapa selimut jika dingin, atau ruangan yang sejuk jika panas.
  • Menyediakan tempat yang tenang dan gelap tanpa ada hewan peliharaan atau anak-anak di sekitar
  • Memastikan ketersediaan air yang cukup, terutama jika terjadi diare
  • Mungkin perlu untuk menyediakan sumber panas tambahan seperti pemanas bantalan dengan pengaturan suhu rendah, lampu yang meberikan suhu ruangan panas, atau botol yang berisi air panas. Ini harus digunakan dengan hati-hati untuk menghindari luka bakar atau panas yang berlebih.
  • Kotak kotoran dengan dengan sisi yang rendah harus disediakan dalam jarak yang dekat dari tempat tidur kucing

Menikmati waktu ekstra bersama kucing

Luangkan waktu anda untuk menemaninya sehingga dia tidak merasa kesepian dan dapatkan informasi sedetail mungkin tentang apa yang dialami kucing peliharaan anda untuk pencegahan penyakit dengan mempelajari makanan kucing yang sehat dan kaya nutrisi agar kucing anda lebih sehat, panjang umur, tidak mudah sakit dan pertumbuhan fisik yang ideal. Serta mencatat informasi mengenai kapan waktu yang tepat bagi kucing anda di vaksin rutin, in akan membantunya untuk melawan berbagai macam penyakit, meningkatkan kekebalan dan melindungi kucing dari penyakit menular. Terakhir, upayakan agar kucing Anda selalu bersih, termasuk bulu dan cakarnya.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. terimakasih untuk informasinya sangat bermanfaat
    https://bit.ly/3hBIrCR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih @semarwangi essen telah mengunjungi Meo Tuna Blog

      Hapus